Evaluasi Efektivitas Sistem Penerimaan dan Retensi Mahasiswa

1. Data Penerimaan Mahasiswa (2016-2024)

Tahun Animo Daya Tampung Hasil Mhs Baru Mhs Aktif Wisuda Rasio Hasil/Animo Rasio Mhs Baru/Hasil

2. Efektivitas Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru

Rata-rata Rasio Hasil/Animo

0.00%

Efektivitas konversi animo menjadi hasil

Rata-rata Rasio Mhs Baru/Hasil

0.00%

Efektivitas konversi hasil menjadi mahasiswa baru

Fluktuasi Daya Tampung

0.00%

Tingkat perubahan kapasitas dari tahun ke tahun

Analisis Efektivitas Penerimaan:

Berdasarkan data dari tahun 2016 hingga 2024:

3. Efektivitas Program Retensi dan Kelulusan

Rata-rata Rasio Wisuda/Mhs Aktif

0.00%

Tingkat keberhasilan studi mahasiswa

Pertumbuhan Mahasiswa Aktif

0.00%

Kenaikan jumlah mahasiswa aktif sejak 2016

Rata-rata Tingkat Kelulusan

0.00%

Efisiensi program studi

Analisis Efektivitas Retensi:

Berdasarkan data dari tahun 2016 hingga 2024:

4. Analisis Kebijakan Akademik dan Dampaknya

Dampak Kebijakan Akademik:

Berdasarkan analisis data time series:

Rekomendasi Kebijakan:

  1. Meningkatkan kualitas layanan akademik dan non-akademik untuk meningkatkan rasio kelulusan
  2. Evaluasi program retensi mengingat peningkatan jumlah mahasiswa aktif tidak diikuti peningkatan proporional jumlah wisuda
  3. Peninjauan ulang strategi marketing untuk meningkatkan animo pendaftar
  4. Pengembangan program pendukung akademik untuk meningkatkan tingkat penyelesaian studi
  5. Optimalisasi daya tampung dengan mempertimbangkan kualitas hasil dan mahasiswa baru

5. Kesimpulan Evaluasi

Temuan Utama:

Berdasarkan analisis komprehensif terhadap data dari tahun 2016 hingga 2024, dapat disimpulkan bahwa:

Rekomendasi Strategis:

  1. Optimasi Proses Penerimaan: Pertahankan efektivitas konversi dari animo ke hasil dan dari hasil ke mahasiswa baru dengan terus memantau kualitas input.
  2. Penguatan Program Retensi: Kembangkan program pendukung akademik dan non-akademik untuk meningkatkan tingkat penyelesaian studi.
  3. Penyesuaian Kapasitas: Evaluasi kapasitas daya tampung dengan mempertimbangkan kualitas outcome dan kemampuan institusi dalam menyediakan layanan pendidikan.
  4. Peningkatan Kualitas Lulusan: Tingkatkan kualitas proses pembelajaran dan pendampingan untuk memastikan mahasiswa dapat menyelesaikan studi tepat waktu.